REDESAIN IKLAN
Strategi kreatif pada iklan ini adalah menggunakan strategi
berorientasi produk. Yang dapat diartikan kreatif periklanan yang mengetengahkan janji berdasarkan pada keunggulan
produk, seperti manfaat fiturnya, maupun bagian dari atribut produk tersebut.
Produk
digunakan sebagai unsur utama. Pesan periklanan dibangun berdasarkan manfaat
yang rasional, atau manfaat langsung dari atribut dan atau fitur produk .
Iklan ini juga menggunakan strategi mendahului, yaitu Strategi ini dilakukan dengan
menyatakan lebih dahulu keunggulan atribut atau manfaat umum, yang sebenarnya
juga dimiliki oleh pesaing.
Strategi
ini bermanfaat pada kondisi di mana produk tidak memiliki perbedaan yang
berarti, nyaris sama dengan pesaing. Pasar berada dalam persaingan yang ketat,
tanpa satu pun produk yang mendominasi
Saya menggunakan
iklan ini karena menurut saya produk converse itu sudah sangat terkenal di
kalangan masyarakat, anak muda pada umumnya. Disini saya hanya mengganti
ilustrasinya saja. Karena menurut saya tag line iklan dengan ilustrasi
sebelumnya susah dipahami masyarakat. Saya mengganti ilustrasi dengan gambar
orang di kamar mandi yang sedang menggunakan sepatu converse karena pada
tagline iklan dapat diartikan sebagai pembuktian dari kuatnya sepatu converse
meskipun dalam keadaan basah.
Alasan saya
membuat iklan seperti ini adalah banyaknya kasus penjualan bayi yang tak
kunjung berhenti. Kebanyakan mereka menjual bayinya karena tuntutan ekonomi dan
juga biasanya anak-anak remaja yang hamil diluar nikah. Mereka tanpa berfikir panjang menjual bayi tersebut
agar terhindar dari masalah. Mereka tidak menyadari bahwa manjual anak mereka
sama saja dengan mengorbankan masa depan anaknya. Mereka berani berbuat tetapi
tidak berani bertanggung jawab. Pada ILM ini saya berharap dapat menyadarkan
masyarakat bahwa bayi adalah bukan sebuah dagangan yang bisa diperjualbelikan,
tetapi bayi itu untuk dirawat. Untuk mendapatkan selembar uangpun tidak harus
menjual darah daging.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar