Kamis, 10 Januari 2013

UAS TEORI PERIKLANAN

REDESAIN IKLAN


                                                                      BEFORE
                                                                 AFTER
Strategi kreatif pada iklan ini adalah menggunakan strategi berorientasi produk. Yang dapat diartikan kreatif periklanan yang mengetengahkan janji berdasarkan pada keunggulan produk, seperti manfaat fiturnya, maupun bagian dari atribut produk tersebut.
Produk digunakan sebagai unsur utama. Pesan periklanan dibangun berdasarkan manfaat yang rasional, atau manfaat langsung dari atribut dan atau fitur produk .
Iklan ini juga menggunakan strategi mendahului, yaitu Strategi ini dilakukan dengan menyatakan lebih dahulu keunggulan atribut atau manfaat umum, yang sebenarnya juga dimiliki oleh pesaing.
Strategi ini bermanfaat pada kondisi di mana produk tidak memiliki perbedaan yang berarti, nyaris sama dengan pesaing. Pasar berada dalam persaingan yang ketat, tanpa satu pun produk yang mendominasi

Saya menggunakan iklan ini karena menurut saya produk converse itu sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, anak muda pada umumnya. Disini saya hanya mengganti ilustrasinya saja. Karena menurut saya tag line iklan dengan ilustrasi sebelumnya susah dipahami masyarakat. Saya mengganti ilustrasi dengan gambar orang di kamar mandi yang sedang menggunakan sepatu converse karena pada tagline iklan dapat diartikan sebagai pembuktian dari kuatnya sepatu converse meskipun dalam keadaan basah.


IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Alasan saya membuat iklan seperti ini adalah banyaknya kasus penjualan bayi yang tak kunjung berhenti. Kebanyakan mereka menjual bayinya karena tuntutan ekonomi dan juga biasanya anak-anak remaja yang hamil diluar nikah. Mereka  tanpa berfikir panjang menjual bayi tersebut agar terhindar dari masalah. Mereka tidak menyadari bahwa manjual anak mereka sama saja dengan mengorbankan masa depan anaknya. Mereka berani berbuat tetapi tidak berani bertanggung jawab. Pada ILM ini saya berharap dapat menyadarkan masyarakat bahwa bayi adalah bukan sebuah dagangan yang bisa diperjualbelikan, tetapi bayi itu untuk dirawat. Untuk mendapatkan selembar uangpun tidak harus menjual darah daging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar